hukum perbankan hukum perseroan terbatas hukum perusahaan Hukum Utang Piutang

Kedudukan Saham dalam Jaminan Kredit

Apakah anda pernah mendengar tentang Jaminan Kredit? bagaimana kedudukannya didalam saham? berikut penjelasan lebih lanjut dari team pakar solusi

Apakah anda pernah mendengar tentang Jaminan Kredit? bagaimana kedudukannya didalam saham? berikut penjelasan lebih lanjut dari team pakarsolusi.com.


Secara garis besar dikenal dua macam bentuk jaminan yaitu Jaminan Perorangan dan Jaminan Kebendaan.

Jaminan yang paling disukai oleh bank adalah Jaminan Kebendaan.

Pemberian jaminan kebendaan selalu menyendirikan suatu bagian dari kekayaan seseorang, (sang pemberian jaminan) dan menyediakannya guna pemenuhan kewajiban seorang debitur.

Sedangkan jaminan perorangan adalah suatu perjanjian antara si pemberi piutang dengan seorang ketiga , yang menjamin dipenuhinya kewajiban si berutang.[1]

Agunan adalah sebagai salah satu unsur jaminan dalam pemberian jaminan kredit.

Maka kita telah dapat diperoleh keyakinan atas kemampuan debitur untuk mengembalikan utang agunan dapat hanya berupa barang, proyek atau hak tagih yang dibiayai dengan jaminan kredit yang bersangkutan.

Hal ini sebagaimana dijelaskan dalam penjelasan pasal 8 undang-undang perbankan.

baca juga Prosedur Pengurusan Andalalin

Jaminan kebendaan tersebut meliputi benda yang riil seperti benda bergerak atau tanah dan juga benda yang abstrak seperti piutang dan saham dalam perseroan.

Saham merupakan bukti penyetoran modal seseorang dalam sebuah perusahaan, hal ini tercermin dari Definisi Perseroan Terbatas dalam pasal 1 angka 1 undang-undang nomor 40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas.

Pada umumnya Penyetoran Saham adalah dalam bentuk uang.

Namun tidak tertutup kemungkinan  penyetoran saham dalam bentuk lain baik berupa benda berwujud maupun benda tidak berwujud, yang dapat dinilai dengan uang dan yang secara nyata telah diterima oleh perseroan.

Penyetoran saham dalam bentuk lain selain uang harus disertai rincian yang menerangkan nilai atau harga jenis atau macam, status, tempat kedudukan, dan lain-lain yang dianggap perlu demi kejelasan mengenai penyetoran tersebut.

Saham adalah benda bergerak yang memberikan hak kebendaan bagi pemiliknya. Hak pemegang saham lahir dari kebendaan tersebut.

Saham yang dimiliki oleh pemegang saham memberikan hak kepada pemegang saham untuk memperlakukan benda tersebut selayaknya benda yang dimiliki secara sah.

Sebagaimana diketahui bahwa pada setiap kebendaan melekat hak untuk menikmati kebendaan secara fisik mulai dari memanfaatkan hasil hingga menggunakannya sebagai jaminan kebendaan terhadap sebuah hutang.

Dengan kata lain saham memnuhi syarat formil dan materil secara hukum untuk dijadikan benda jaminan.

Dalam bisnis perbankan, bank kerap kali menggunakan beberapa konsep jaminan, yaitu seperti;

  1. Lembaga jaminan hak tanggungan yang telah diakui eksistensinya melalui undang undang nomor 4 tahun 1996 tentang hak tanggungan;
  2. Jaminan fidusia sesuai dengan undang undang nomor 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia;
  3. dan juga jaminan gadai sesuai dengan pasal 1150 sampai 1160 KUHPerdata yang bunyinya sabagai berikut:

Gadai adalah suatu hak yang diperoleh seorang berpiutang atas suatu barang bergerak , yang diserahkan kepadanya oleh seorang berutang atau oleh seorang lain atas namanya dan yang memberikan kekuasaan kepada si berpiutang itu untuk mengambil pelunasan dari barang tersebut secara didahulukan dari pada berpiutang lainnya dengan kekecualian biaya untuk melelang barang tersebut dan biaya yang telah dikeluarkan untuk menyelamatkannya setelah barang itu digadaikan, biaya-biaya mana harus digadaikan

Maka dari beberapa konsep hukum jaminan yang diuraikan diatas dapatlah ditempatkan kebendaan saham kepada jaminan fidusia dan juga jaminan gadai.

jika menggunakan fidusia maka saham tersebut dijaminkan kepada kreditur dengan rasa kepercayaan kreditur sehingga saham masih dapat digunakan manfaatnya oleh pemilik, namun jika menggunakan jaminan gadai saham tersebut harus dibawah penguasaan kreditur.

[1] R.Subekti, jaminan jaminan untuk pemberian kredit menurut hukum indonesia( termasuk hak tanggungan )”, PT.Citra Adtya Bakti, Bandung, 1991, hal.15


Tim PakarSolusi.com menjawab konsultasi dengan menghormati privasi anda.
Kirimkan konsultasi anda dengan mengikuti link pada gambar dibawah ini


tombol konsultasi sekarang

Konsultasi anda akan dijawab melalui email oleh Tim PakarSolusi.com dan jika anda memberikan persetujuan Via Email, materi konsultasi akan diposting pada PakarSolusi. com

Advertisements

One comment

  1. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    Like

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s